Si Kuning, Si Merah, dan si Biru dalam dunia Ecommerce

ecommerce

Tulisan ini bukan untuk memihak salah satu dari mereka. Saya menuliskan ini karena tertarik dengan perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin cepat, khususnya dalam dunia jual beli online.

Siapa yang tidak tahu ecommerce sekarang ini? Sebagian besar orang pasti telah melakukan transaksi jual beli secara online dan khususnya bagi masyarakat yang hidup di kota kota besar. Menariknya dari perbincangan kali ini adalah sekarang perusahaan telco (telekomunikasi) besar ikut terjun ke dunia ecommerce ini. Contoh kata si Merah si Kuning dan si Biru.

si Merah, perusahaan telekomunikasi yang sudah sangat terkenal dengan warna merah sebagai identitasnya ini mengarah ke layanan digital. si Merah terus mengembangkan dan tentunya merealisasikan inovasi inovasi untuk digital service. si Merah melihat peluang yang sangat besar pada bidang yang sangat digelutinya sekarang ini. Baru baru ini , bukan baru baru ini juga sih. haha, si merah melakukan soft launching produk barunya yang nantinya digunakan untuk mendukung layanan ecommerce. Produk ini digunakan untuk mobile payment yang dapat digunakan oleh perorangan sekalipun, payment ini menggunakan perangkat smartphone dengan tambahan dongle yang nantinya digunakan untuk memasukkan debit card dan credit card. Dongle ini nantinya akan dipasarkan dengan harga kisaran Rp 300.000,00

Berbeda halnya dengan si Biru, si Biru ini telah melaunching ecommerce milik mereka sendiri sejak akhir November 2013. Produk yang umurnya belum genap 1 tahun ini terus menggencarkan promosi di berbagai lini, lewat mobile ads, televisi, dan online ads. Produk ini dibangun melalui kerjasama antara si Biru dengan perusahaan ecommerce ternama di Korea Selatan. Dengan umur belum ada genap 1 tahun, produk ecommerce ini sudah dapat menggaet banyak seller maupun buyer untuk mengunjungi bahkan sampai membeli produk yang ditawarkan di atas platform ecommerce ini.

Si Kuning, bercerita tentang si Kuning. si Kuning ini belum melakukan press release ke publik produk baru mereka mengenai ecommerce. Namun serunya lagi si Kuning ini memperkuat infrastruktur untuk mendukung layanan yang ditawarkan si Kuning ini. baru baru ini si Kuning launch penambahan infrastruktur di Bali.

Melihat fenomena di atas dapat disimpulkan bahwa persaingan perusahaan telco ini, mereka berlomba lomba mencari lahan mana yang berpotensial dan belum banyak persaingan di dalamnya. Semoga dengan bertambahnya inovasi inovasi yang diberikan oleh perusahaan telco ini mampu mengangkat perekonomian Indonesia dan masyarakat Indonesia lebih melek tentang teknologi.

imagesource : http://www.dimasmichael.com/

The following two tabs change content below.
Akrab dipanggil masbob. Sangat tertarik dalam dunia ecommerce dan digital. -When you give benefits & happiness to many people, it is a real success,- Visit my another website DagDig.com