Si Kuning dalam dunia ecommerce 1 tahun terakhir

Sebelumnya saya telah menuliskan persaingan antara si kuning, si biru dan si merah (Persaingan si Merah si Kuning dan si Biru). Dalam artikel ini menyebutkan bahwa si kuning masih memperkuat sektor infrastrukturnya untuk mendukung layanan bisnis yang dia jalankan. Ternyata dalam setahun terakhir ini si Kuning sudah banyak berinovasi dalam dunia ecommerce. Baru baru ini si Kuning telah memperkenalkan layanan digital yang telah digarapnya selama setahun terakhir ini. Layanan digital ini bergerak dalam sektor mobile advertising, ecommerce dan mobile payment.

Semakin seru ya ternyata perusahaan telco sekarang ini. Dikarenakan mengapa perusahaan telco sekarang tidak hanya fokus dengan layanan suara dan sms, karena dengan perkembangan layanan internet di Indonesia yang semakin pesat demikian juga halnya layanan jual beli online yang semakin marak di Indonesia. Mereka mencoba membuka jalur revenue baru selain dari jalur yang sekarang mereka gandrungi.

Kembali ke si Kuning, dalam setahun terakhir ini si Kuning telah meluncurkan produk Dompetku yang berfungsi untuk mengatur layanan keuangan mobile nya. Selain Dompetku si Kuning juga telah meluncurkan i-iklan, layanan mobile ads. Dalam beberapa bulan ke depan si Kuning kemungkinan akan merelease produk mereka yang baru (seperti yang di spoilerkan di startupbisnis.com) antara lain platform ecommerce untuk mendukung layanan jual beli di Indonesia, kartu pendamping yang memungkinkan pelanggan Dompetku dapat menarik uang tunai dari ATM, kerja sama dengan layanan komik digital dengan konten Indonesia, solusi kupon mobile dan masih banyak lagi. Si Kuning menyatakan bahwa tidak akan menjalankan layanan digital secara bersamaan karena nanti tidak akan fokus pada produk tersebut. Si Kuning telah membentuk tim inti yang menghandle platform utama dan nantinya dapat memperluas layanan melalui kemitraan dan investasi yang strategis.

Semoga dengan adanya persaingan antara ketiga perusahaan besar yang sudah bertahun tahun ikut membangun perekonomian bangsa dapat memberikan sesuatu yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tulisan ini hanya merupakan pendapat pribadi saya yang telah disimpulkan dari beberapa sumber yang telah saya baca. Jika ada yang salah pada tulisan ini mohon dimaklumi.

“Jadilah orang yang dapat bermanfaat untuk banyak orang.”

Salam Hangat
Masbobsmiling

The following two tabs change content below.
Akrab dipanggil masbob. Sangat tertarik dalam dunia ecommerce dan digital. -When you give benefits & happiness to many people, it is a real success,- Visit my another website DagDig.com