Ecommerce Indonesia Belum Didukung Layanan Logistik

layanan-logistik

Layanan Logistik

Beberapa tahun belakangan perkembangan ecommerce berkembang dengan pesat diikuti dengan perkembangan transformasi perusahaan telekomunikasi yang merambah dunia ecommerce baru baru ini dan sempat ditulis pada artikel sebelumnya Persaingan si Merah si Kuning dan si Biru. Dengan melihat perkembangan ecommerce ini berdampak positif pada dunia perdagangan di Indonesia. Banyak bisnis yang tadinya pemasaran dan marketing secara offline, mulai merambah ke dunia online ini, bahkan ada yang secara khusus membuat toko online sendiri. Mereka yang tadinya hanya bisa menjual ke kota kota sekitarnya, dengan membuka toko online, produk mereka dapat diekspor hingga ke luar negeri. 

Melihat fenomena ini layanan pengiriman barang menjadi ramai karena permintaan pengiriman barang dari individu maupun badan usaha meningkat drastis. Nah layanan pengiriman barang ini tidak diimbangi dengan pertumbuhan ecommerce di Indonesia. Banyak customer yang mengeluhkan ketika barang sampai ke tangan mereka ada yang mengalami kecacatan dikarenakan saat pengiriman mengalami masalah, padahal ketika barang dikirim oleh supplier atau si penjual barang masih dalam keadaan mulus. Hal ini menjadi PR untuk para penyedia jasa pengiriman barang di Indonesia. Sebenarnya perkembangan ecommerce di Indonesia ini merupakan lahan basah jika para penyedia jasa ini bisa fokus untuk pelayanan ecommerce ini.

Jika saja penyedia jasa pengiriman barang memberikan fasilitas khusus terhadap ecommerce ini akan menjadi sinergi yang kuat. Para pelaku ecommerce tidak akan khawatir dengan masalah pengiriman barang karena dapat dipastikan pengiriman sampai dengan aman. Sedangkan untuk para penyedia jasa pengiriman barang revenue akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya demand dari para pelaku ecommerce.

Kendala lain pada pengiriman barang di Indonesia ini adalah infrastruktur yang tersedia masih kurang mendukung. Akses ke daerah timur masih belum bagus sehingga menyebabkan pengiriman ke Indonesia timur jauh lebih mahal dibandingkan di Jawa, Sumatera, dan Bali. Pemerintah seharusnya juga mendukung perkembangan yang bagus ini dengan menambahkan infrastruktur yang dapat memudahkan akses ke seluruh Indonesia. Jika semuanya berkolaborasi, dari pemerintah maupun pelaku bisnis yang terkait dapat meningkatkan perekonomian Indonesia, membantu mengurangi pengangguran dan secara tidak langsung membantu masyarakat Indonesia melek akan internet.

Dari sekian banyak kendala yang dipaparkan, Lazada seperti yang dikutip oleh dailysocial.net selain sebagai pelaku bisnis ecommerce juga membuat jasa pengiriman barang sendiri ke konsumen. Dengan mereka membangun jasa pengiriman sendiri itu dapat memangkas ongkos biaya pengiriman yang mahal dan pengontrolan pengiriman barang menjadi lebih mudah.

The following two tabs change content below.
Akrab dipanggil masbob. Sangat tertarik dalam dunia ecommerce dan digital. -When you give benefits & happiness to many people, it is a real success,- Visit my another website DagDig.com