Apa itu NodeJS dan Kegunaannya

nodejs

Sebelumnya gw udah nulis tentang bagaimana membuat custom module pada nodejs. Nah NodeJS itu apa? Pasti tidak asing mendengar javascript. Ya, Javascript hanya client side programming language yang running di browser kita. NodeJS ini dapat nge-running javascript pada server. Yang tertarik pada bidang web development seharusnya ngulik nodejs ini.

Apa itu NodeJS?

NodeJS merupakan platform untuk membangun real-time application. NodeJS dapat menangani event input-output server, dengan kata lain NodeJS dapat memungkinkan para developer Javascripts untuk membuat event-driven servers dalam JavaScript. Dengan menggunakan nodejs dapat menghemat pemakaian memori.

Mengapa menggunakan NodeJS

Pertama, untuk kinerja dan skalabilitas. NodeJS dapat menanganinya dengan cepat. Node ini juga bagus untuk  RESTful-API – web service yang mengambil beberapa parameter input dan mendapatkan data tanpa menggunakan resource yang besar. NodeJS dapat menangani ribuan proses data sekaligus. Berbeda dengan PHP semakin banyak menangani proses, maka semakin banyak resource yang dibutuhkan untuk mendapatkan response dari request yang diinginkan.

Berikut merupakan sedikit perbandingan dari NodeJS dengan PHP

benchmark NodeJS and PHPsumber : clock.co.uk

Nah untuk lebih jelas lagi mengenai kegunaan NodeJS ini, nantikan tulisan gw tentang extractor menggunakan NodeJS.

Salam Hangat,

Masbobs

The following two tabs change content below.
Akrab dipanggil masbob. Sangat tertarik dalam dunia ecommerce dan digital. -When you give benefits & happiness to many people, it is a real success,- Visit my another website DagDig.com